Pendidikan klasikal berasrama
yang memadukan tri pusat pendidikan dalam sistem pendidikan 24 jam. Seluruh
kegiatan santri dibawah pengawasan dan bimbingan dua lembaga, kegiatan
intrakulikuler dibawah pengawasan dan bimbingan lembaga Kulliyyatul Mu’allimin
Al-Islamiyyah yang merupakan lembaga pengajaran formal, setingkat dengan
SLTP/MTs dan SLTA/MA. Sedangkan kegiatan ekstrakulikuler dan sebagian
kokulikuler dibawah pengawasan dan bimbingan lembaga pengasuhan santri yang
dipimpin oleh pengasuh pondok yang sekaligus pimpinan pondok.
Kurikulum yang ditetapkan adalah kurikulum paduan antara KMI Pondok
Modern Gontor dan Departemen Agama, dengan dua macam program, pertama regular
bagi tamatan SD/MI dengan masa belajar selama 6 tahun, kedua intensif
dengan masa belajar selama 4 tahun bagi tamatan SLTP/MTs keatas. Kurikulum
terdiri dari beberapa bidang studi, antara lain:
- Bahasa Arab, sebagai media komunikasi modern dan kunci untuk memahami sumber-sumber Islam dan khazanah pemikiran Islam.
- Bahasa Inggris, sebagai media komunikasi modern dan kunci untuk memahami ilmu pengetahuan umum dan agama.
- Dirosah Islamiyyah, Ilmu Pasti, IPA, dan IPS untuk memperkaya wawasan keilmuan.
- Keguruan, untuk penanaman jiwa pendidik sejati
- Keindonesiaan atau kewarganegaraan, sebagai media pemahaman dan penghayatan tradisi, budaya, dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Adapun kegiatan ekstrakulikuler
yang bertujuan untuk membentuk sikap mental (mental attitude) para
santri, antara lain
- Kepramukaan
- Keorganisasian Santri
- Kesenian dan keterampilan: Tilawah Al-Qur’an, Muhadhoroh (pidato) tiga bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia), Diskusi Ilmiyah, Kaligrafi, Bela diri, Menjahit, Tari, Komputer.
- Olahraga : Basket, Sepak Bola, Takrauw, Bulu Tangkis, Bola Voli, dan Tenis Meja
Orientasi Pendidikan Pondok
Orientasi pendidikan Pondok adalah kemasyarakatan, mencetak kader-kader
pemimpin yang siap mengabdi pada agama, nusa dan bangsa serta mampu menjadi
perekat umat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar